rss

Senin, 07 Juni 2010

KETAHANAN NASIONAL

MAKALAH KETAHANAN NASIONAL
Di susun oleh :
DEBBY ALJAN PALIVI



Program :D3 Manajemen Informatika
Mata kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan

UNIVERSITAS GUNADARMA


KATA PENGANTAR

Segala puji saya ucapkan atas kehadiran tuhan YME yang mana berkat ialah makalah ini dapat diselesaikan dengan tepat waktu dan tak lupa pula saya ucapkan terimah kasih kepada teman – teman yang telah memberikan saya semangat dalam penyelesaian makalah ini.
Saya menyadari bahwa dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan baik dari kuantitas maupun kualitas, saran yang membangun dari berbagai pihak sangat saya harapkan.

Penulis
DEBBY ALJAN PALIVI





KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI:

BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang

BAB II PEMBAHASAN

BAB III PENUTUP

Kesimpulan




BAB I
Pendahuluan
Masih berkaitan dengan makalah sebelumnya yaitu WAWASAN NUSANTARA, makalah kali ini membahas tentang KETAHANAN NASIONAL dimana kedua judul makalh ini saling berkaitan hal ini dibuktikan dari definisi KETAHAN NASIONAL yang berbunyi "suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mewujudkan tujuan perjuangan nasional. " nah untuk mengwujudkan semua itu rakyat Indonesia pada umumnya arus memiliki WAWASAN NUSANTARA yang baik untuk mengwujudkan sebuah Negara yang memiliki KETAHANAN NASIONAL yang baik.

BAB II

Pembahasan
Konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang, serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan terpadu berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 dan wawasan nusantara dengan kata lain konsepsi ketahanan nasional merupakan pedoman untuk meningkatkan keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dengan pendekatan kesejahteraan dan keamanan. Kesejahteraan dapat digambarkan sebagai kemampuan bangsa dalam menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai nasionalnya demi sebesar-besarnya kemakmuran yang adil dan merata, rohaniah dan jasmaniah. Sedangkan keamanan adalah kemampuan bangsa melindungi nilai-nilai nasional terhadap ancaman dari luar maupun dari dalam..

Contoh Bentuk-bentuk ancaman menurut doktrin hankamnas (catur dharma eka karma) :
1. Ancaman di dalam negeri
Contohnya adalah pemeberontakan dan subversi yang berasal atau terbentuk dari masyarakat indonesia misalnya Gerakkan Aceh Merdeka(GAM).
2. Ancama dari luar negeri
Beberapa ancaman dalam dan luar negeri telah dapat diatasi bangsa Indonesia dengan adadnya tekad bersama-sama menggalang kesatuan dan kecintaan bangsa. Berbagai pemberontakan PKI, RMS (Republik Maluku Selatan), PRRI Permesta dan juga gerakan sparatis di Timor- Timur yang pernah menyatakan dirinya berintegrasi dengan Indonesia, meskipun akhirnya kenyataan politik menyebabkan lepasnya kembali daerah tersebut. Ancaman sparatis dawasa ini ditunjukan dengan banyaknya wilayah atau propinsi di Indonesia yang menginginkan dirinya merdeka lepas dari Indonesia seperti Aceh, Riau, Irian Jaya, dan beberapa daerah lain begitu pila beberapa aksi provokasi yang mengganggu kestabilan kehidupan sampai terjadinya berbagai kerusuhan yang diwarnai nuansa etnis dan agama dan gangguan dari luar adalah gangguan dari negara lain yang ingin menguasai pulau-pulau kecil yang masih berada di didalam wilayah NKRI namun dekat dengan wilayah negara lain. Bangsa Indonesia telah berusaha menghadapi semua ini dengan semangat persatuan dan keutuhan, meskipun demikian gangguan dan ancaman akan terus ada selama perjalanan bangsa, maka diperlukan kondisi dinamis bangsa yang dapat mengantisipasi keadaan apapun terjadi dinegara ini.




BAB III
PENUTUP
Sekian makalah yang saya buat.saya menyadari masih banyak kekurangan yang ada pada makalah saya,mohon kritik dan saran nya.terimakasih kepada teman-teman yang sudah mensuport saya untuk menyelesaikan makalah ini.


Kesimpulan
Bahwa untuk mewijudkan sebuah negara demokrasi yang memiliki KETAHANAN NASIONAL yang baik kita harus banyak belajar dan harus menjadi sebuah bangsa yang utuh, jangan ada lagi permusuhan konplik internal bangsa yang hanya akan mendatangkan mudarat bagi bangsa kita itulah kunci agar demokrasi yang ideal dapat terwujud dinegara kita

0 komentar:


Posting Komentar